Pendataan dan
Validasi Realisasi Kartu Jakarta Pintar (KJP) di sekolah SMP Negeri 273 dalam
Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia
Kelas :
LC53
Nama Dosen : Dalmeri, S.Ag., M.Ag.
Kode Dosen : D5049
Tanggal Kegiatan
: Rabu, 21 Oktober 2015
Waktu
Kegiatan : pukul 10.00 – 13.00
WIB
Lokasi
Kegiatan : SMP Negeri 273
Jl. Kampung Bali, 24/1 Tn. Abang
PIC di lokasi kegiatan : Jaka Ariawinata
Foto Anggota
Kelompok : ( hadir semua )
Nama dari
kiri ke kanan :
Daniel Teguh
/ 1701327182
Raynaldi
Sudira / 1701339440
Dennis
Gunawan / 1701329414
Willy
Angryawan / 1701291655 (KETUA KELOMPOK)
Bapak H.
Sarbini (Kepala Sekolah SMPN 273)
Nita Novita
/ 1701289581
Yessy /
1701302381
Santy Johan
/ 1701292481
Meylisa /
1701298195
Bagian Isi
Dalam Character building tahun ini kami mempelajari tentang Corporate Social Responsibility dimana dalam pelajaran tersebut kami telah mengikuti prinsip-prinsip antara lain Accountability, Transparency, Ethical Behaviour. Di kelaspun kami di ajarkan tentang bagaimana etos kerja yang baik dan bagaimana berperilaku yang profesional kepada orang lain. Dalam pelaksanaan kegiatan pendataan KJP dari sekolah kami menerapkan beberapa hal yang telah di ajarkan tersebut agar kami dapat berkomunikasi dan diterima dengan baik oleh pihak sekolah. Berhubungan dengan prinsip akuntabilitas kami menerapkannya dengan cara teliti mengecek data yang diberikan, melakukan cross check kembali dengan pihak sekolah, sesuai dengan data yang ada dan kami juga mengikuti prosedur yang ada. Dalam segi transparency kami melakukannya dengan cara mengverifikasi data KJP dengan memakai data KJP sesuai dengan keterangan yang diberikan para penerima KJP sekolah tersebut. Ethical Behaviour yang kami terapkan dalam kegiatan ini adalah dengan tidak langsung datang tanpa izin ke sekolah tempat kami melaksanakan namun kami terlebih dahulu meminta izin dan datang juga tepat waktu sesuai dengan waktu perjanjian kami dengan pihak sekolah.
Dalam Character building tahun ini kami mempelajari tentang Corporate Social Responsibility dimana dalam pelajaran tersebut kami telah mengikuti prinsip-prinsip antara lain Accountability, Transparency, Ethical Behaviour. Di kelaspun kami di ajarkan tentang bagaimana etos kerja yang baik dan bagaimana berperilaku yang profesional kepada orang lain. Dalam pelaksanaan kegiatan pendataan KJP dari sekolah kami menerapkan beberapa hal yang telah di ajarkan tersebut agar kami dapat berkomunikasi dan diterima dengan baik oleh pihak sekolah. Berhubungan dengan prinsip akuntabilitas kami menerapkannya dengan cara teliti mengecek data yang diberikan, melakukan cross check kembali dengan pihak sekolah, sesuai dengan data yang ada dan kami juga mengikuti prosedur yang ada. Dalam segi transparency kami melakukannya dengan cara mengverifikasi data KJP dengan memakai data KJP sesuai dengan keterangan yang diberikan para penerima KJP sekolah tersebut. Ethical Behaviour yang kami terapkan dalam kegiatan ini adalah dengan tidak langsung datang tanpa izin ke sekolah tempat kami melaksanakan namun kami terlebih dahulu meminta izin dan datang juga tepat waktu sesuai dengan waktu perjanjian kami dengan pihak sekolah.
Perjalanan
kami dalam memulai tugas yang diberikan untuk memeriksa KJP dipersiapkan dengan
terlebih dahulu mendaftarkan diri sesuai peraturan dan langkah-langkah yang
berlaku sampai kami mendapatkan 2 sekolah yaitu SDN 03 Petang dan juga SMPN
273. Tempat pertama yang menjadi tujuan kami adalah sekolah SMPN 273 karena
sekolah tersebut membutuhkan waktu yang lebih banyak dan lebih jauh daripada
SDN 03 Petang. Sebelum dimulainya kegiatan ini, kami melakukan survei pada tanggal 19 Oktober 2015 untuk meminta izin dan kesediaan dari pihak sekolah. Kami pun memberikan surat pengantar dan mengatakan tujuan kami datang ke SMPN 273. Kedatangan kami pun diterima dengan baik oleh Kepala Sekolah dan pihak sekolah, baru lah pada hari Rabu, 21 Oktober 2015 kami datang ke SMPN 273. Kami memulai tugas ke SMPN 273 dengan menelepon kepala sekolah SMPN 273 terlebih dahulu untuk mengkonfirmasi janji kami dengan beliau sehingga kedatangan kami diketahui dan di terima dengan baik. Dalam persiapan Pendataan dan Validasi Realisasi Kartu Jakarta Pintar (KJP) di SMPN 273, kami mengecek ke web TFI hal-hal apa saja yang perlu kami dapatkan dari pihak sekolah dan hal apa saja yang harus kami siapkan seperti melihat jumlah siswa yang menerima KJP di sekolah tersebut, mengambil surat pengantar dari Dinas Pendidikan di Kantor TFI, dan mengambil kuisioner penerima KJP (harus sudah mengetahui jumlah anak) di kantor TFI. Surat pengantar dari Dinas Pendidikan ini sudah kami ambil dan menyerahkan kepada Kepala Sekolah SMPN 273 pada saat survei tanggal 19 Oktober 2015. Dalam koordinasi waktu bisa kami koordinasi dengan baik dalam tim walaupun ditengah kesibukan kuliah dan tugas-tugas yang banyak. Kami melakukan kegiatan ini dalam hari libur kami sehingga tidak mengganggu jadwal kuliah kami.
Saat di sekolah,
kami melakukan kegiatan verifikasi KJP sekolah dan siswa dengan cara melakukan
wawancara dengan siswa penerima KJP di SMPN 273. Pertama-tama,
kami menemui pihak sekolah, yaitu kepala sekolah dan petugas yang mengurus KJP
di sekolah SMPN 273, setelah membicarakan maksud dan tuuan kami datang ke
sekolah pada hari ini, pihak sekolah mengumpulkan siswa penerima KJP di aula
sekolah untuk kami wawancarai. Siswa yang kami wawancarai ada 72 siswa,
sedangkan anggota kelompok kami
terdiri dari 8 mahasiswa, sehingga masing-masing anggota mewawancarai 9 siswa. Dalam
melaksanakan kegiatan ini, kami ingin memeriksa bagaimana
proses KJP yang sudah berlangsung di sekolah-sekolah Jakarta, khususnya SMPN
273, apakah program Kartu Jakarta Pintar yang sedang berjalan efektif atau
tidak, digunakan secara baik atau tidak oleh para siswa dan pihak sekolah. Dalam proses wawancarai siswa ini berjalan dengan efektif dan efisien, walaupun pada awalnya ada sedikit kesulitan untuk mengatur siswa sebanyak itu. Tetapi akhirnya kami bisa mengatasinya dan mendapatkan informasi yang kami butuhkan.
Penutup
Kesimpulan dari hasil pengecekan
KJP di SMPN 273 menurut kelompok kami adalah pelaksanaan KJP sudah dilaksanakan
dengan baik tetapi sosialisasi tentang KJP masih kurang karena masih banyak
anak-anak yang tidak tahu secara jelas bagaimana prosedur pelaksanaan KJP. Masih banyak anak-anak tidak tahu sistem yang digunakan dalam KJP itu bagaimana, sehingga dalam proses wawancara tersebut masih banyak yang bingung.
Saat melaksanakan kegiatan
apapun, kita harus melaksanakannya dengan tanggung jawab dan profesionalitas. Bertindak
dengan etika yang baik dan memperhatikan sopan santun kepada orang lain. Kita harus berusaha memberikan yang terbaik sehingga hasilnya juga akan memuaskan.
Jumlah siswa yang mengikuti
wawancara verifikasi KJP di SMPN 273 ada 72 siswa. Sedangkan peserta KJP yang ada di SMPN 273 ada 343 siswa.
![]() |
Input data KJP siswa SMPN 273 |
![]() |
Form Evaluasi |

![]() |
Kegiatan wawancara KJP siswa SMPN 273 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar